Aksi Nyata Topik 6_Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran


 

Lembar Kerja Mandiri

Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran

 

Mahasiswa PPG Prajabatan

 


Aksi Nyata Topik 6

Lesson Planning (RPP) - Penyusunan, Evaluasi, Refleksi

Oleh 

 Evi Sahara

 

1.     Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi?

Jawab :Secara  umum   RPP  dapat   didefinisikan   sebagai   seperangkat   rencana   pembelajaran yang memberi arahan bagi guru materi apa saja yang akan diajarkan dan bagaimana mengajarkannya (Spratt, et al., 2005). Lesson plan adalah materi pelajaran yang harus dikuasai   dan   bagaimana   pembelajaran   untuk   mencapai   materi   tersebut   akan dirancang, dikelola, dan dievaluasi keberhasilannya.  RPP disusun untuk setiap KD yang   dapat   dilaksanakan   dalam   satu   kali   pertemuan   atau   lebih.   Guru   merancang penggalan   RPP  untuk   setiap   pertemuan   yang   disesuaikan   dengan   penjadwalan   di satuan   pendidikan.  Arti   pentingnya   lesson   planning   dalam   kegiatan   pembelajaran dapat   digambarkan   sebagai   seseorang   yang   sedang   melakukan   sebuah   perjalanan. Orang yang melakukan perjalanan itu perlu tahu berbagai hal menyangkut perjalannya itu: ke mana tujuan perjalannya, berapa lama waktu yang dibutuhkannya, apa saja yang akan diperlukannya selama perjalanan berlangsung. Oleh karena itu pemahaman baru yang saya dapatkan setelah mempelajari konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi yaitu dalam penyusunan evaluasi sudah ada di dalam kompetensi inti untuk kurikulum 2013 dan kemudian guru mengembangkannya.

2. Bagian manakah dari konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi yang paling menantang untuk dilakukan saat PPL 1 di sekolah?

Jawab : Hal yang paling menantang untuk dilakukan saat PPL 1 di sekolah mengenai konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi diantaranya ketika saya menerapkan langkah pembelajaran yang ada di dalam RPP implementasi di kelas belum sesuai dengan yang ada di RPP. Saya masih kesulitan dalam menajemen waktu.

 

 

 

 

 

 

 

3. Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi?

Jawab : Hal-hal yang ingin saya pelajari lagi terkait dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi adalah menyesuaikan soal- soal evaluasi dengan kompetensi dasar yang ada. Serta untuk menghasilkan program pembelajaran yang inklusif serta menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan berpihak pada anak di kelas maka saya akan menerapkan strategi pembelajaran problem based learning dan project based learning dengan pendekatan saintifik. Membuat penilaian sikap dengan observasi langsung setiap siswa serta membuat evaluasi dan refleksi di setiap akhir pembelajaran.

Komentar