Aksi Nyata Topik 6_Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran
Lembar Kerja Mandiri
Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran
Mahasiswa PPG Prajabatan
Aksi Nyata Topik 6
Lesson Planning (RPP) - Penyusunan,
Evaluasi, Refleksi
Oleh
Evi
Sahara
1.
Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan
setelah mempelajari konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning
(RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi?
Jawab
:Secara umum
RPP dapat didefinisikan sebagai
seperangkat rencana pembelajaran yang memberi arahan bagi
guru materi apa saja yang akan diajarkan dan bagaimana mengajarkannya
(Spratt, et al., 2005). Lesson plan adalah materi pelajaran yang harus dikuasai dan
bagaimana pembelajaran untuk
mencapai materi tersebut
akan dirancang, dikelola, dan dievaluasi
keberhasilannya. RPP disusun untuk
setiap KD yang
dapat dilaksanakan dalam
satu kali pertemuan
atau lebih. Guru
merancang penggalan RPP
untuk setiap pertemuan
yang disesuaikan dengan
penjadwalan di satuan pendidikan.
Arti pentingnya lesson
planning dalam kegiatan
pembelajaran dapat digambarkan
sebagai seseorang yang
sedang melakukan sebuah
perjalanan. Orang yang melakukan
perjalanan itu perlu tahu berbagai hal menyangkut perjalannya itu:
ke mana tujuan perjalannya, berapa lama waktu yang dibutuhkannya, apa saja yang
akan diperlukannya selama perjalanan berlangsung. Oleh karena itu pemahaman baru yang saya
dapatkan setelah mempelajari konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP),
Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi yaitu dalam penyusunan evaluasi sudah ada di dalam kompetensi inti untuk
kurikulum 2013 dan kemudian guru mengembangkannya.
2.
Bagian manakah dari konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning
(RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi yang paling menantang untuk
dilakukan saat PPL 1 di sekolah?
Jawab
: Hal yang paling menantang untuk dilakukan saat PPL 1 di sekolah
mengenai konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson
Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi diantaranya ketika saya menerapkan langkah pembelajaran yang ada di dalam RPP implementasi di kelas belum sesuai dengan yang ada di RPP. Saya masih kesulitan dalam menajemen waktu.
3. Hal-hal
lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya Penyusunan, Evaluasi dan
Refleksi?
Jawab : Hal-hal yang ingin saya pelajari lagi terkait dengan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Lesson Planning (RPP), Khususnya
Penyusunan, Evaluasi dan Refleksi adalah menyesuaikan soal- soal evaluasi
dengan kompetensi dasar yang ada. Serta untuk menghasilkan program pembelajaran yang inklusif
serta menciptakan lingkungan belajar
yang aman, nyaman dan berpihak pada anak di kelas maka saya akan menerapkan
strategi pembelajaran problem
based learning dan project based learning dengan pendekatan saintifik. Membuat penilaian sikap dengan observasi
langsung setiap siswa serta
membuat evaluasi dan refleksi di setiap akhir pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar