Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia_KD 3.5 dan 4.5 Kelas VII SMP

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                 : SMP...

Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester      : VII /Ganjil

Materi Pokok         : Teks Prosedur

Alokasi Waktu      : 4x40 menit (2 Pertemuan )

 

A.   Kompetensi Inti

 

KI 1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungannya, keluarga,

sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.

KI 3

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabj fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk

memecahkan masalah.

KI 4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif

dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator Capaian Pembelajaran

 

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.5      Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

 

3.5.1       Mengidentifikasi tujuan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar .

3.5.2       Mengidentifikasi Bahasa dalam teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

3.5.3       Menentukan jenis teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat cinderamata dan/atau membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar pada teks yang dibaca/didengar.

4.5      Menyimpulkan  isi teks  prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata,  dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar

 

4.5.1       Meringkas  urutan isi teks prosedur

4.5.2       Mendemonstrasikan hasil simpulan cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat cinderamata dan/atau membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

 

 

C. Tujuan Pembelajaran

         Setelah mengikuti proses pembelajaran berbasis saintifik dengan model Project Based Learning, peserta                 didik diharapkan dapat :

Pertemuan pertaman

1. Mengidentifikasi tujuan teks prosedur

2. Mengidentifikasi Bahasa dalam teks prosedur

3. Menentukan jenis teks prosedur

Pertemuan kedua

4. Meringkas  urutan isi teks prosedur

5. Mendemonstrasikan hasil simpulan cara melakukan suatu tentang cara melakukan sesuatu dan membuat sesuatu

D. Materi Pembelajaran

1.      Materi Pembelajaran Reguler

a.    Fakta

Ø  Cara Memainkan angklung

Ø  “Cara Membuat“ obat tradisional

Ø  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur

b.   Konsep

Ø  Pengertian teks prosedur

Ø  Tujuan teks prosedur

Ø  Pengguanaan bahasa teks prosedur

Ø  Jenis teks prosedur

2.   Materi pembelajaran remedial

Ø  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur

Ø  Menggunakan Kata Penghubung,  Pelesapan, Kata Acuan

Ø  Menggunakan Kalimat Saran/ Larangan

Ø  Penggunaan Akhiran –i dan akhiran –kan  pada Teks Prosedur

3.   Materi pembelajaran pengayaan

Ø  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan 

E. Metode Pembelajaran

Pendekatan       : Saintifik

Metode             : Teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

        Model               : Problem Based Learning

F. Media Pembelajaran

1.      Media LCD projector

2.      Laptop,

3.      Bahan Tayang

4.      LKPD

 

G. Sumber Belajar

1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3.      Modul/bahan ajar,

4.      Internet,

5.      Sumber lain yang  relevan

 

        H. Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Ke-1 (2x40 menit )

Keterangan

Alokasi waktu

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

 

 

 

 

 

Pendahuluan (Apersepsi)

1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran.

2.     Guru mengecek kehadiran peserta didik.

3.     Melakukan senam otak.

4.     Menyanyikan lagu kebangsaan

5.     Guru memberikan pertanyaan terkait pembelajaran sebelumnya dan topik yang akan dibahas

6.     Menyampaikan tujuan pembelajaran

7.     Menyampaikan manfaat dari kompetensi dasar

Religius

 

 

 

Rasa Ingin Tahu

10

Menit

Kegiatan Inti

Sintak model PBL

Kegiatan Pembelajaran

Sintak Pendekatan Saintifik

Alokasi Waktu

 

 

 

Orientasi peserta didik pada masalah

1.     Guru menyampaikan tentang pengertian, tujuan, penggunaan Bahasa dan jenis teks prosedur.

2.     Peserta didik mengamati teks prosedur berjudul Cara memainkan angklung, Cara membuat obat tradisional insomnia dan Cara melakukan Gerakan tari tor-tor.

3.     Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok

4.     Setiap kelompok dibagikan LKPD  sesuai dengan materi

5.     Peserta didik diarahkan untuk mengamati, memahami, dan menemukan masalah yang disajikan

 

 

 

Mengamati

 

 

 

 

 

 

60

Menit


 

dalam LKPD yang telah disediakan yaitu berupa segi tujuan, pengguanaan Bahasa ( kalimat perintah/saran/larangan) dan jenis teks prosedur

 

 

Mengorganisasikan peserta didik

1. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya jawab mengenai hal yang kurang dipahami berdasarkan

kelompoknya masing-masing

2.   Setiap peserta didik mendiskusikan

dengan teman sekelompok

 

Menanya

Membimbing penyelidikan

1.     setiap kelompok mengumpulkan informasi yang relevan tentang tujuan, penggunaan Bahasa dan jenis teks prosedur

2.     setiap kelompok dibimbing oleh guru dalam proses pembelajaran

Mengumpulkan

Mengembangkan dan Menyajikan

1.     setiap peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya untuk menemukan tujuan, penggunaan bahasa dan jenis  pada teks prosedur

2.     peserta didik merumuskan hasil diskusi terkait tujuan, penggunaan Bahasa dan jenis teks prosedur di lembar LKPD yang disediakan oleh guru

Menalar

Menganalisa dan Mengevaluasi

1.     Setiap kelompok melakukan presentasi hasil diskusi menemukan tujuan, penggunaan bahasa dan jenis  pada teks prosedur.

2.     Peserta didik dari kelompok lainnya dapat memberikan tanggapan terhadap    hasil diskusi kelompok yang maju

3.     setiap kelompok menyimpulkan hasil diskusinya diikuti apresiasi dari kelompok lain.

Komunikasi

Kegiatan Penutup

 

1.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.

2.     Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

3.     Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dengan menonton video

 motivasi

4.     Guru menyampaikan rencana tindak lanjut untuk pertemuan berikutnya

5.     Guru menutup kegiatan belajar mengajar

10

Menit


Pertemuan Ke-2 (4x40Menit)

Keterangan

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (Apersepsi)

 

10 Menit

1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran.

2.     Guru mengecek kehadiran peserta didik.

3.     Melakukan senam otak.

4.     Menyanyikan lagu kebangsaan

5.     Guru memberikan pertanyaan terkait pembelajaran sebelumnya dan topik yang akan dibahas

6.     Menyampaikan tujuan pembelajaran

7.     Menyampaikan manfaat dari kompetensi dasar

Religius

 

 

 

Rasa Ingin Tahu

Kegiatan Inti

Sintak model PBL

Kegiatan Pembelajaran  60 Menit

Sintak Pendekatan Saintifik

 

 

 

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

1.     Guru menyampaikan tentang cara menyimpulkan teks prosedur yang dibaca/ didengar

2.     Peserta didik mengamati teks prosedur berjudul Cara Membuat Batik Tulis.

3.     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok

4.     Setiap kelompok dibagikan LKPD  sesuai dengan materi

5.     Peserta didik diarahkan untuk mengamati, memahami, serta menyimpulkan urutan Langkah kedua teks prosedur

 

 

 

 

Mengamati

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan     peserta didik

 

1. Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya jawab terkait materi yang belum dipahami

 

2. Setiap peserta didik mendiskusikan

dengan teman sekelompok

 

 

 

 

 

Menanya


 

 

 

 

 

Membimbing penyelidikan

1. setiap kelompok mengumpulkan informasi yang relevan urutan langkah dari kedua teks prosedur

 

2. setiap kelompok dibimbing oleh guru dalam proses pembelajaran

 

 

 

Mengumpulkan

 

Mengembangkan dan Menyajikan

1.      Peserta didik menyimpulkan urutan langkah dari  teks prosedur yang disajikan

2.      Peserta didik menulis urutan Langkah teks prosedur yang  disajikan

 

 

Menalar

 

 

 

 

Menganalisa dan Mengevaluasi

1.   beberapa individu melakukan presentasi terkait hasil diskusi tentang urutan Langkah teks prosedur yang disajikan

2.   Peserta didik lainnya dapat memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi peserta didik yang maju

3.   setiap individu menyimpulkan hasil diskusinya diikuti apresiasi dari kelompok lain.

 

 

 

 

 

Komunikasi

Kegiatan Penutup (10 Menit)

1.      Siswa bersama guru membuat rangkuman dan simpulan kegiatan pembelajaran yang telah diselesaikan

  1. Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.

3.      Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dengan menonton video motivasi

4.      Siswa bersama guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

5.      Guru memberikan penguatan kepada peserta didik terhadap materi teks prosedur

6.      Guru menyampaikan rencana tindak lanjut untuk pertemuan berikutnya

7.      Guru menutup kegiatan belajar mengajar


I. PENILAIAN

Sikap : Lembar pengamatan/ Observasi   

Diskusi

Penilaian Antarteman

Pengetahuan : Tes Tulis

Keterampilan: Tes Tulis


 

 

 

 

 

 

 

Medan,                 2022

 

 

 

Mahasiswa PPG Prajabatan

Evi Sahara

 

 


A.

Materi Pembelajaran

1. Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah sebuah bahan tertulis yang dijadikan dasar untuk menjelaskan tahap kegiatan dalam menyelesaikan suatu aktivitas. Tujuan dari teks prosedur adalah menjelaskan bagaimana kegiatan harus dilakukan, agar pembaca dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat. Contoh simpelnya itu petunjuk cara memasak mie instan. Tentu kamu pernah masak mie instan dong, ya. Nah, di bagian belakang kemasan mie instan itu, ada petunjuk bagaimana cara memasak mie instan yang tepat, mulai dari takaran air sampai lama waktu merebus mie. Tujuannya ya supaya kita jadi tau proses memasak mie instan yang benar. Jadi, mie nya nggak akan kematangan, atau bahkan belum matang.

2. Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri-ciri teks prosedur yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif) yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.
  2. Terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan.
  3. Menggunakan kata kerja aktif.
  4. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.
  5. Terdapat aturan atau batasandalam hal bahan atau kegiatan yang dilakukan.
  6. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat, dan cara yang akurat.
  7. Terdapat isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).

3. Jenis Teks Prosedur

1. Cara menggunakan/mengoperasikan sesuatu

Jenis teks prosedur yang satu ini menunjukkan cara atau langkah dalam menggunakan atau pengoperasikan sesuatu. Misalnya, cara memainkan biola, cara menggunakan mesin cuci, cara menggunakan cat air, dan lain-lain.

2. Cara membuat sesuatu

Seperti namanya, teks prosedur ini menjelaskan langkah-langkah dalam membuat sesuatu. Misalnya, cara membuat es limun, cara membuat kue tart, cara membuat boneka dari kayu, dan lain-lain.

3. Cara melakukan sesuatu

Teks prosedur ini menunjukkan langkah secara berurutan dalam melakukan sesuatu. Misalnya, cara melakukan gerak tarian, cara melakukan senam sehat, cara melakukan gerakan yoga, dan lain-lain.

 

4. Penggunaan Bahasa Pada Teks Prosedur

1. Penggunaan Kalimat perintah
Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna memerintah atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penutur atau penulisnya. Ciri-Ciri Kalimat Perintah

  • Intonasi pada bagian tengah kalimat naik atau meninggi.
  • Diakhiri dengan tanda baca seru (!).
  • Kalimat perintah menggunakan pola inversi.
  • Biasanya menggunakan partikel lah ataupun kan.


Berikut ini contoh pernyataan dan bentuk kalimat perintahnya.

  • Pernyataan : Anda perlu memosisikan tubuh sejajar dengan monitor.
  • Perintah : Posisikan tubuh sejajar dengan monitor


2. Penggunaan Bentuk Pasif (untuk proses)
Instruksi/panduan dapat diberikan dalam bentuk pasif jika kita ingin berbicara tentang proses, yaitu bagaimana sesuatu dibuat atau dilaksanakan, bukan tentang bagaimana membuat atau melakukan sesuatu. Penggunaan bentuk pasif dalam teks prosedur biasanya untuk memberi saran tambahan atau peringatan supaya tidak terjadi kesalahan fatal/ membahayakan.

  1. Aktif : Anda sebaiknya menekan tombol keyboard dengan lembut.
  2. Proses pasif : Tombol keyboard sebaiknya ditekan dengan lembut.

4. Penggunaan Kata Keterangan Cara, Keterangan Alat, dan Keterangan Tujuan 
Adverbia atau kata keterangan adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti verba (kata kerja) atau adjektiva (kata sifat). Adverbia yang banyak digunakan pada teks prosedur adalah keterangan cara, keterangan alat, dan keterangan tujuan
.

Kata Keterangan

Contoh

Keterangan cara
Adverbial ini menambah keterangan cara pada kegiatan atau peristiwa
yang terjadi (dengan, dan secara).

  1. Bungkuslah adonan dengan rapat.
  2. Talikan rafia dengan cara menyilang
  3. Minum cairan tanpa diaduk.
  4. Bunyikan secara serentak semua gendang
  5. Buat isi kue dengan cara mencampur potongan buah dengan selai.

.

Keterangan alat
Adverbial ini menjelaskan alat yang digunakan pada sebuah kegiatan atau
peristiwa, misalnya dengan … , menggunakan … , dengan menggunakan

  1. Para penebang kayu itu menebang pohon dengan gergaji mesin.
  2. Lukis kain dengan menggunakan canting.
  3. Penjahit itu membuat baju dengan alat jahit traditional.
  4. Para perajin membatik menggunakan canting.
  5. Ayah mengantarkan adikku ke sekolah menggunakan motor.

 

Keterangan tujuan
Adverbial ini menambahkan informasi tujuan pada kalimat, misalnya
untuk, supaya, dan, agar.

 

  1. Malam jangan terlalu panas agar tidak merusak kain
  2. Aku belajar sepanjang malam supaya naik kelas.
  3. Ibu menyirami bunga agar tumbuh subur dan tidak layu.
  4. Para pejuang yang gugur itu berjuang demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  5. Ayahku bekerja sepanjang malam untuk kebahagiaan anak

Keterangan derajat / kuantitas
Kata ini menambahkan keterangan kuantitas pada sebuah kalimat yang
disertainya

  1. Setelah dicelup, angkat kain secepatnya.
  2. Langkahkan kaki dua langkah ke kanan dan hitungan keempat tepuk tangan satu kali.
  3. Setidaknya tanaman dipupuk sebulan sekali.
  4. Ulangi gerakan selama tiga kali.
  5. Aku mengumpulkan kupon belanja itu sebanyak – banyaknya.

Keterangan syarat
Kata keterangan ini menambahkan keterangan syarat terjadinya suatu
peristiwa (jika).

  1. Jika malam yang digunakan pada canthing terlalu panas akan merusak kain.
  2. Jika gula terlalu banyak akan cepat gosong.
  3. Aku akan datang, jika hari esok tidak hujan.
  4. Jika aku punya banyak uang, aku akan berlibur ke Eropa.
  5. Budi tidak akan dimarahi guru, jika saja dia datang tepat waktu.

Keterangan akibat
Kata keterangan ini menambah keterangan akibat yang ditimbulkan dari
sebuah peristiwa/ kegiatan (hingga, akibatnya, sehingga, sampai, menjadi).
peristiwa (jika).

  1. Goreng adonan hingga kecoklatan.
  2. Ulangi kegiatan sampai bahan habis.
  3. Dia tidak makan sehari semalam hingga tubuhnya menjadi lemas.
  4. Adi memukul kucing sampai kucing tersebut mati.
  5. Banyak orang membuang sampah sembarangan, akibatnya banjir melanda.

5. Menggunakan Kalimat Saran/ Larangan
Teks prosedur memandu pembaca agar selamat, aman, dan dapat mencapai hasil maksimal. Oleh karena itu, bahasa teks prosedur juga menggunakan saran, keharusan, dan larangan agar tidak menimbulkan bahaya. Penggunaan kata/frase hubung: sebaiknya, hindari, jangan, jika tidak … atau kecuali jika, sebaiknya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Topik 6_Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran