RPP Bahasa Indonesia Kd 3.6 SMP kelas VII SMP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP....
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII /Ganjil
Materi Pokok : Teks Prosedur
Alokasi Waktu :
4x40 menit (2 Pertemuan )
KI 1 |
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya |
KI 2 |
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di
lingkungannya, keluarga, sekolah,
masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional,
dan kawasan internasional. |
KI 3 |
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
KI 4 |
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Capaian Pembelajaran
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) |
3.6 Menelaah struktur
dan aspek kebahasaan teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan
cara membuat (cara memainkan alat
musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner
khas daerah, dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar.
|
3.6.1
Menguraikan struktur dan
bagian-bagian teks prosedur 3.6.2
Menelaah urutan teks prosedur sesuai dengan struktur 3.6.3
Menelaah hasil
melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa menentukan dan
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan. |
4.6 Menyajikan data
rangkaian kegiatan ke dalam bentuk
teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,
dan isi secara lisan dan tulis. |
4.6.1 Merencanakan
penulisan teks prosedur. 4.6.2
Menulis teks prosedur
dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan. 4.6.3 Menyajikan secara lisan cara membuat/
melakukan kegiatan dengan Langkah-langkah.
|
1.
Peserta
didik mampu menelaah struktur dan bagian-bagian
teks prosedur
2. Peserta didik mampu menelaah urutan teks prosedur sesuai dengan struktur
Pertemuan Kedua
3.
Peserta
didik mampu menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari
segi struktur dan kaidah bahasa menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan
tanda baca/ejaan
4.
Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
1)
Materi Pembelajaran
Reguler
a.
Fakta
Ø Cara Membuat Bubur Manado
Ø Cara Mencuci Tangan Dengan Baik dan Benar
b.
Konsep
Ø Pengertian Struktur dan bagian-bagian teks
prosedur
Ø Urutan teks prosedur sesuai dengan struktur
Ø Melengkapi dan memperbaiki penggunaan Bahasa
c.
Prinsip
Ø Struktur teks : Tujuan, bahan, alat langkah
Ø Kebahasaan : kalimat perintah/saran/larangan dan akhiran.
d.
Prosedur
Ø Menyusun Teks prosedur
Ø Membuat Teks peosedur
Ø
2)
Materi pembelajaran remedial
Ø Struktur teks prosedur.
Ø Urutan teks prosedur sesuai struktur
Ø Karakteristik
tiap bagian teks prosedur.
Ø Melengkapi teks prosedur.
3)
Materi pembelajaran pengayaan
Ø Struktur teks prosedur (tujuan, bahan dan alat,
langkah).
Ø Contoh variasi bagian (tujuan, bahan dan alat,
langkah)
Ø Cara mengembangkan paragraf pada teks prosedur.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pertemuan 1 : Problem Based
Learning (PBL)
3.
Metode : Diskusi
kelompok, penugasan, dan tanya
jawab
F. Media/alat, Bahan
•
Laptop,
•
Bahan Tayang
•
LKPD
1. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Buku Guru Bahasa
Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5. Sumber lain yang releva
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 (2x40 menit ) |
Keterangan |
Alokasi waktu |
|
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
||
Pendahuluan (Apersepsi) |
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran. 2. Guru
mengjkondisikan kelas untuk siap belajar dan mengecek kehadiran
peserta didik. 3. Menyanyikan lagu kebangsaan 4. Guru memberikan pertanyaan terkait pembelajaran
sebelumnya dan topik yang akan dibahas 5. Menyampaikan tujuan pembelajaran 6. Menyampaikan manfaat dari
kompetensi dasar. |
Religius
Rasa Ingin Tahu |
10 Menit |
Kegiatan Inti |
|||
Sintak model PBL |
Kegiatan Pembelajaran |
Sintak Pendekatan Saintifik |
Alokasi Waktu |
Orientasi peserta didik pada masalah |
1.
Guru menyampaikan materi pembelajran yang berkaitan dengan ·
Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur ·
Mencermati Struktur Teks Prosedur “Cara Membuat” 2. Peserta didik mendengarkan penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai : ·
Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur ·
Mencermati Struktur Teks Prosedur “Cara Membuat” untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi. 3.
Peserta didik mengamati teks prosedur berjudul Cara membuat
bubur manado dan Cara mencuci tangan dengan baik dan benar . 4.
Peserta
didik mencermati struktur teks prosedur. 5.
Peserta
didik menjadi beberapa kelompok 6.
Setiap kelompok dibagikan LKPD sesuai dengan materi. 7.
Peserta didik diarahkan untuk mengamati, memahami, dan menemukan masalah yang disajikan. |
Mengamati |
60 Menit |
|
dalam
LKPD yang telah disediakan yaitu
berupa
struktur dan bagian-bagian teks prosedur. |
|
|
Mengorganisasikan peserta didik |
1. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya
jawab mengenai hal yang kurang dipahami berdasarkan kelompoknya masing-masing. 2. Setiap peserta didik mendiskusikan dengan
teman sekelompok.
|
Menanya |
|
Membimbing penyelidikan |
1. Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data
dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki
rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama
(menalar dan mencoba). 2.
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang ada di LKPD 3.
Setiap kelompok mencoba menentukan dan menganalisis struktur dan
penggunaan Bahasa pada teks prosedur. 4.
Setiap kelompok dibimbing oleh guru dalam
mengisi table untuk
membedakan ciri isi dan ciri Bahasa pada teks prosedur.
|
Mengumpulkn |
|
Mengembangkan dan Menyajikan |
1.
setiap peserta didik berdiskusi
dalam kelompoknya untuk mengidentifikasi struktur dan Bahasa pada teks
prosedur. 2.
peserta didik merumuskan hasil
diskusi terkait struktur
dan Bahasa pada teks prosedur. |
Menalar |
|
Menganalisa dan Mengevaluasi |
1.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengan sikap penuh percaya diri dan komunikatif sedangkan kelompok
lainnya menanggapi. 2.
Peserta didik dari kelompok
lainnya dapat memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok yang maju 3.
setiap kelompok menyimpulkan hasil
diskusinya diikuti apresiasi dari kelompok lain. |
Komunikasi |
|
Kegiatan Penutup |
|||
1. Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan 2. Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dengan
menonton video motivasi 3. Guru menyampaikan rencana tindak
lanjut untuk pertemuan berikutnya 4. Guru menutup kegiatan belajar mengajar dengan mengucapkan salam. |
10 Menit |
Pertemuan Ke-2 (4x40Menit) |
Keterangan |
||
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
||
Pendahuluan (Apersepsi)
10 Menit |
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran. 2. Guru mengkondisikan
kelas untyuk siap belajar dan mengecek kehadiran
peserta didik. 3. Menyanyikan lagu kebangsaan 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran 5. Menyampaikan manfaat dari kompetensi dasar |
Religius
Rasa Ingin Tahu |
|
Kegiatan Inti |
|||
Sintak model PBL |
Kegiatan Pembelajaran 60 Menit |
Sintak Pendekatan Saintifik |
|
Orientasi peserta didik pada masalah |
1.
Peserta
didik mendengarkan pemberian materi oleh guru yang
berkaitan dengan ·
Menelah Urutan Teks Prosedur Sesuai Dengan Struktur 2. Guru menjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai : ·
Menelah Urutan Teks Prosedur Sesuai Dengan Struktur untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. 3. Peserta didik mengamati Langkah penulisan
teks struktur
|
Mengamati |
|
Mengorganisasikan peserta didik |
1. Pendidik memfasilitasi
peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil
pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya; 2. Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani
mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah, jujur
dan percaya diri) tentang : Ø Menelah Urutan Teks Prosedur
Sesuai Dengan Struktur yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat |
Menanya |
|
|
|
Membimbing penyelidikan |
1. Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama. 2. Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD). 3. Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data
dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki
rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama
(menalar dan mencoba). 4. Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah disediakan pada LKPD |
Mengumpulkan |
Mengembangkan dan Menyajikan |
1.
Peserta
didik membaca dan menandai bagian yang kurang tepat pada teks prosedur yang
dibuatnya 2.
Peserta
didik memperbaiki dari segi struktur dan bahasanya |
Menalar |
Menganalisa dan Mengevaluasi |
1.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengan sikap penuh percaya diri dan komunikatif sedangkan kelompok
lainnya menanggapi. 2.
Peserta didik dari kelompok
lainnya dapat memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok yang maju 3.
setiap kelompok menyimpulkan hasil
diskusinya diikuti apresiasi dari kelompok lain. |
Komunikasi |
Kegiatan Penutup
(10 Menit) |
||
1.
Siswa bersama guru membuat
rangkuman dan simpulan kegiatan pembelajaran yang telah diselesaikan 2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dengan menonton video motivasi 3.
Siswa bersama guru memberikan umpan
balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran 4.
Guru memberikan penguatan kepada
peserta didik terhadap materi teks
prosedur 5.
Guru menyampaikan rencana tindak lanjut
untuk pertemuan berikutnya 6.
Guru menutup kegiatan belajar mengajar
|
I. PENILAIAN
Sikap : Lembar pengamatan/ Observasi Pengetahuan : Tes Tulis Keterampilan: Tes Tulis |
Komentar
Posting Komentar